Pelaksanaan Rapat Koordinasi Pengembangan Ekonomi Masyarakat

0
361

Picture1

Kemajuan pembangunan dalam arti implisit tidak hanya menekankan pembangunan dari wilayah Perkotaan saja, tetapi juga pembangunan dari kawasan pinggiran, sehingga terwujud sebuah konsep “Desa Membangun”, yang tercakup dalam Nawa Kerja Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT). Dalam upaya merealisasikan Nawa Kerja tersebut, Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Provinsi Kalimantan Selatan dalam hal ini Bidang Usaha Ekonomi Masyarakat, menyelenggarakan Rapat Koordinasi Pengembangan Ekonomi Masyarakat. Kegiatan ini dilaksanakan pada Hari Senin, 7 Maret 2016 di Ruang Rapat BPMPD Prov. Kalsel lantai II.

Rapat Koordinasi Pengembangan Ekonomi Masyarakat ini diikuti oleh perwakilan BPMPD Kabupaten se Kalimantan Selatan yang terdiri dari 8 Kabupaten, meliputi BPMPD Kab. Hulu Sungai Tengah, BPMPD Kab. Balangan, BPMPD Kab. Hulu Sungai Utara, BPMPD Kab. Tanah Laut, BPMPD Kab. Tanah Bumbu, BPMPD Kab. Barito Kuala, BPMPD Kab. Banjar dan BPMPD Kab.Tapin. Kegiatan ini dihadiri pula oleh Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Pemuda Rakyat Desa (Parade) Kalsel Bapak Sudirwo dan Dewan Pengurus Daerah (DPD) Parade Kab. Tanah Laut Bapak Zaki Azmi, SE selaku perwakilan dari Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).

Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Kepala BPMPD Provinsi Kalsel Bapak Drs. H. Gusti Syahyar. Dalam sambutannya, Beliau menekankan pentingnya koordinasi antara Pemerintah Provinsi dengan Pemerintah Kabupaten/Kota khususnya dalam urusan Pemberdayaan Masyarakat Desa.

Acara ini diawali dengan kegiatan Sosialisasi Gerakan Keamanan Pangan Desa (GKPD) oleh Kepala Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BPPOM) Provinsi Kalimantan Selatan Ibu Rustyawati. Setiap perwakilan dari BPMPD Kabupaten menanggapi secara antusias pemaparan mengenai Program tersebut karena keamanan pangan merupakan aspek yang penting dalam kehidupan Masyarakat desa, baik dalam lingkup Rumah Tangga maupun dalam Fasilitas Umum seperti Sekolah, Kantor, Pasar Desa dan lain-lain.

Picture2Setelah pemaparan Sosialisasi selesai, dilanjutkan dengan dengan Rapat Koordinasi Pengembangan Usaha Ekonomi Masyarakat yang dipimpin langsung oleh Kepala BPMPD Prov. Kalsel dan Kepala Bidang UEM Ibu Gusti Nur ‘Aina, S.Sos, MP sebagai Moderator. Poin-poin penting yang dibahas dalam Rapat tersebut adalah: 1) Arah kebijakan dan implementasi melalui instansi terkait di Daerah terutama Badan Pemberdayaan Masyarakat di Provinsi maupun Kabupaten/Kota; 2) Strategi yang perlu dilakukan terkait dengan Pengembangan Usaha Ekonomi masyarakat yang ada di daerah masing-masing; serta 3) Bahan masukan atau rekomendasi dalam kegiatan Pengembangan Usaha Ekonomi Masyarakat terkait penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2017.

Kegiatan ini mendapatkan respon yang sangat positif dari para peserta yang hadir. Kepala BPMPD Kabupaten Hulu Sungai Utara Bapak Drs. Dwi Hadi Saputra, M.Si mengharapkan agar Rapat Koordinasi Pengembangan Ekonomi Masyarakat dapat menjadi agenda rutin setiap tahunnya, supaya dapat menjadi mediasi antara BPMPD Prov. Kalsel dengan BPMPD Kab./Kota dalam menyalurkan dan mengakomodir setiap aspirasi dari Daerah karena kebutuhan masyarakat dalam pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) semakin tahun semakin meningkat. Selain itu Bapak Fakhrudin dari BPMPD Kabupaten Balangan juga mengharapkan agar setelah Rapat ini, Pemprov Kalsel dapat merealisasikan program-program maupun bantuan tidak hanya kepada wilayah desa percontohan saja, tetapi juga dapat langsung menyentuh daerah-daerah terpencil agar dapat mewujudkan pembangunan dan pemberdayaan yang merata bagi Masyarakat Desa.

Oleh : Andie P. Pratama, S.STP

Pelaksana Bidang Usaha Ekonomi Masyarakat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here