BIMBINGAN TEKNIS PENGEMBANGAN USAHA DALAM RANGKA TRANSFORMASI UPK MENJADI BUMDesa PROVINSI KALIMANTAN SELATAN TAHUN 2016

0
183

20160330_173136

Pada hari Rabu sampai dengan Kamis tanggal 30 – 31 Maret 2016 telah dilaksanakan Bimbingan Teknis Pengembangan Usaha Dalam Rangka Transformasi Unit Pengelola Keuangan (UPK) Program Gerbangmas-Taskin menjadi Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) yang dilaksanakan oleh Bidang Usaha Ekonomi Masyarakat (UEM) BPMPD Provinsi Kalimantan Selatan yang bertempat di Hotel Rattan Inn Jl. A. Yani Km. 5 Banjarmasin. Acara Bimbingan Teknis ini di hadiri oleh Kepala Bidang atau Kepala Sub Bidang yang membidangi BUMDesa dari BPMPD Kabupaten se Kalsel dan masing-masing 3 Orang dari 2 Desa yang ditunjuk oleh BPMPD Kabupaten untuk mengikuti Bimtek tersebut yang terdiri dari Kepala Desa, Ketua UPK dan Bendahara UPK, sehingga total peserta yang mengikuti kegiatan tersebut berjumlah 77 orang.

Maksud dari pelaksanaan Bimbingan Teknis Transformasi UPK menjadi BUMDesa ini adalah sehubungan dengan berakhirnya Program Gerbangmas-Taskin pada tahun 2015 yang lalu maka seluruh aset-aset dan kegiatan usaha  dibawah naungan Program Gerbangmas-Taskin seyogianya diserahkan kepada Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) agar dapat terus berjalan.

Adapun Tujuan penyelenggaraan Bimbingan Teknis Pengembangan Usaha dalam rangka Transformasi UPK menjadi BUMDesa adalah untuk memberikan penjelasan tentang Tata Cara penyusunan Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) BUMDesa serta Tata cara pendirian, kepengurusan, pengelolaan dan pembubaran BUMDesa

20160330_164900

Bimbingan teknis pengembangan usaha dalam rangka transformasi UPK menjadi BUMDesa yang dilaksanakan selama 2 (Dua) hari ini juga menghadirkan narasumber dari Biro Hukum Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan dan juga melibatkan akademisi dari Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin. Acara Bimtek dibuka oleh Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Provinsi Kalimantan Selatan yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bidang Usaha Ekonomi Masyarakat Ibu GT. Nur’Aina, S.Sos, MP. Setelah pembukaan acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Dekan Fakultas Kehutanan Universitas Lambung Mangkurat Bapak Prof. Udiansyah mengenai Inkubasi Bisnis Teknologi dan dilanjutkan dari Biro Hukum Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Ibu Rita Ariyani, SH, MH mengenai Tata Cara Pembentukan dan Prosedur Penyusunan Peraturan Desa (Perdes). Setelah rehat siang acara dilanjutkan dengan pemaparan dari BPMPD Provinsi Kalimantan Selatan Ibu GT. Nur’Aina, S.Sos, MP mengenai Administrasi Badan Usaha Milik Desa, Tata Cara Penyusunan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga BUMDesa dan pendirian, pengurusan, pengelolaan dan pembubaran BUMDesa.

Pada hari ke-2 yaitu hari Kamis tanggal 31 Maret 2016 seluruh peserta Bimtek diajak untuk melihat BUMDesa Percontohan Provinsi Kalimantan Selatan yang bernama BUMDesa Amanah di Desa Karang Indah Kecamatan Mandastana Kabupaten Barito Kuala. Sesampainya di Aula Kantor Desa Karang Indah seluruh peserta mendengarkan pemaparan dari Direktur BUMDesa Amanah Bapak Sunardi, S.Sos mengenai Profil BUMDesa Amanah dan seluruh kegiatan yang dijalankannya. Setelah pemaparan dari BUMDesa Amanah selesai acara Bimbingan Teknis Pengembangan Usaha Dalam Rangka Transformasi UPK menjadi BUMDesa resmi ditutup oleh Kepala Bidang Usaha Ekonomi Masyarakat BPMPD Provinsi Kalimantan Selatan Ibu GT. Nur’Aina, S.Sos, MP.

ditulis oleh: M.Anugerah,S.STP (Bidang UEM)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here