Upacara Pembukaan Karya Bhakti TNI Korem 101/Antasari dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan Pembuatan Jalan dan Drainase dari Kab. Banjar menuju Kab. Tanah Bumbu Tahun 2016

0
437

3

Seiring dengan isu pembangunan dari pinggiran yang semakin kuat, Desa semakin banyak menyuarakan pembangunan-pembangunan baik dalam skala kecil hingga skala besar. Memulai kegiatan Pembangunan Desa tentunya memerlukan dukungan dan kerjasama dari  setiap pihak, baik dari Pemerintah, TNI, Polri maupun masyarakat. Dalam rangka membantu Pemerintah Daerah dalam mempercepat pembangunan infrastruktur di Pedesaan, dan membuka akses ekonomi masyarakat desa, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan bersama Korem 101/Antasari melaksanakan Pembangunan Badan Jalan dan Drainase dari Kabupaten Banjar menuju Kabupaten Tanah Bumbu. Pembangunan ini merupakan salah satu dari tiga target pembangunan infrastruktur utama di masa Pemerintahan Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor, selain pembangunan Jembatan dari Kabupaten Tanah Bumbu-Kabupaten Kotabaru dan Pembangunan Flyover baru di Banjarmasin.

Kegiatan pembangunan ini diresmikan dalam sebuah acara seremonial yaitu Upacara Pembukaan Karya Bhakti Korem 101/Antasari Pembuatan Jalan dan Drainase dari Kabupaten Banjar menuju Kabupaten Tanah Bumbu Tahun Anggaran 2016. Upacara ini diselenggarakan di Lapangan Sepakbola Awangbangkal Timur, Desa Awangbangkal Timur, Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar. Upacara ini dipimpin langsung oleh Inspektur Upacara (Irup) Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor. Upacara ini dihadiri oleh Wakil Bupati Banjar H. Saidi Mansyur, Danrem 101/Antasari Kolonel Kav Yanuar Adil, beberapa pejabat Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkup Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, sejumlah pejabat dari unsur Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Lingkup Korem 101/Antasari, unsur SKPD Pemerintah Kabupaten Banjar, Organisasi-organisasi kepemudaan dan lain-lain.

6

Dalam Laporan Kegiatan yang disampaikan Komandan Kodim 1006/Martapura Letkol Arm Andi Martopo, Kegiatan Pembangunan Jalan dan Drainase Kabupaten Banjar-Tanah Bumbu ini melibatkan unsur dari TNI sebanyak 150 orang, unsur Pemerintah Daerah sebanyak 10 Orang dan unsur Masyarakat sebanyak 100 orang. Kegiatan pembangunan ini dilaksanakan selama 40 hari kalender, yakni dari tanggal 21 November-30 Desember 2016. Sasaran pembangunan yaitu pembangunan badan jalan dan drainase sepanjang 7 Kilometer yang menghubungkan Desa Awangbangkal Barat hingga Desa Awangbangkal Timur.

Tujuan dari kegiatan Pembangunan Badan Jalan dan Drainase Kabupaten Banjar-Tanah Bumbu ini adalah untuk membantu Pemerintah Daerah dalam mewujudkan Program Pembangunan Infrastruktur Desa, dengan dasar kemanunggalan TNI bersama rakyat dalam bersama-sama membangun Desa. Menurut Kepala BPMPD Provinsi Kalimantan Selatan Drs. H. Gusti Syahyar, Pembangunan ini dilakukan secara bertahap dimulai dari Tahun Anggaran 2016 ini hingga tahun 2020. “Untuk tahun ini kita mengambil dana dari Anggaran Perubahan Tahun 2016, mengingat prioritas dari Gubernur untuk segera melakukan kegiatan pembangunan ini. Kita mulai dengan melakukan pengerjaan perkerasan jalan, setelah itu kami berkerjasama dengan Dinas Pekerjaan Umum untuk pengaspalan sehingga jalan yang dibuat bisa segera dinikmati oleh masyarakat Desa ini,” Ujar Beliau.

Gubernur Kalimantan Selatan Juga berkesempatan untuk meninjau langsung lokasi Pembangunan Badan Jalan dan Drainase Kabupaten Banjar-Tanah Bumbu, didampingi oleh Danrem 101/Antasari, Kepala BPMPD Provinsi Kalimantan Selatan dan pejabat-pejabat terkait. Beliau sangat mendukung kegiatan pembangunan ini dan mengharapkan agar target pembangunan Badan Jalan dapat lebih ditingkatkan lagi. “Saya menargetkan Pembangunan Badan Jalan bisa mencapai 12 Kilometer dan kegiatan ini harus terus dikawal oleh semua pihak, karena ini menyangkut kepentingan masyarakat. Semoga masyarakat Desa dapat menggunakan jalan ini untuk memasarkan hasil-hasil pertanian dan perkebunan dengan mudah sehingga dapat berimbas pada peningkatan kesejahteraan masyarakat”, ujar beliau.

Disusun Oleh: Andie Putra Pratama, S.STP

Pelaksana Bidang Sumber Daya Alam dan Teknologi Tepat Guna

BPMPD Provinsi Kalimantan Selatan       

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here