Pembinaan/Penjaringan Aspirasi LPM dan BKAD di Kab. HSS

0
370
lpm_hss_1
Foto: Bidang KPPM

BPMPD Provinsi Kalimantan Selatan melaksanakan pembinaan ke lembaga desa antara lain Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan Badan Koordinasi Antar Desa (BKAD). Pada tahun 2015 – 2016  jumlah LPM yang dibina sebanyak 1.537 LPM, BPD sejumlah 1.876 BPD dan BKAD sejumlah 142 BKAD. Salah satunya di Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Yang mana fungsi LPM di Kabupaten Hulu Sungai Selatan ini sebagai wadah partisipasi masyarakat dalam merencanakan pelaksanaan pembangunan dan sebagai media komunikasi dan informasi antara pemerintah kelurahan dan masyarakat serta antar warga masyarakat.

lpm_hss_2
Foto: Bidang KPPM

Dari hasil pengumpulan aspirasi, diketahui bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di desa untuk terlibat sebagai pengurus LPM masih kurang, berdampak pada belum terlalu dilibatkannya peran LPM dalam perencanaan pembangunan Desa. Pelatihan bagi pengurus LPM, dirasa sangat dibutuhkan untuk wilayah Kabupaten Hulu Sungai Selatan ini,  sehingga pengurus LPM mendapatkan peningkatan kapasitas.

BKAD yang ada di tingkat Kecamatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan  saat ini merupakan produk PNPM-MPd, sehingga kegiatannya lebih fokus pada upaya penguatan dan pelestarian hasil kegiatan PNPM-MPd. Diharapkan  dengan adanya BKAD tersebut bisa membuat terobosan kegiatan lainnya sehingga desa-desa yang berdekatan dapat berkembang lebih baik lagi dan agar dapat memfasilitasi pembahasan, perumusan, dan penyusunan kesepakatan-kesepakatan kerja sama antar desa, memfasilitasi pelaksanaan kegiatan kerja sama antar desa serta  melakukan identifikasi potensi desa yang dapat dikembangkan menjadi sentra pengembangan ekonomi, sosial, dan budaya antar desa.

lpm_hss_3
Foto: Bidang KPPM

Dengan dilakukannya Pembinaan dan Penjaringan Aspirasi LPM dan BKAD di Kabupaten Hulu Sungai Selatan maka Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan memiliki dasar untuk semakin meningkatkan visi dan misi dalam peningkatan kapasitas LPM dan BKAD di Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here