PEMBINAAN / PENJARINGAN ASPIRASI LPM DAN BKAD PROVINSI KALIMANTAN SELATAN TAHUN 2017 DI KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN

0
53

Pembinaan LPM dan BKAD di Kabupaten Hulu Sungai Selatan yang dilaksanakan pada tanggal 18 April 2017 berlangsung diruang rapat dinas PMD Kabupaten Hulu Sungai Selatan dihadiri para pemangku kepentingan. Secara umum LPM dan BKAD di Kabupaten Hulu Sungai Selatan sudah berjalan baik, pembinaan ini diharapkan dapat mampu memberikan penyelenggaran serta solusi dari berbagai permasalahan yang mungkin dialami selama melakukan tugas.

Semangat untuk membangun desa melalui LPM dan BKAD terlihat dari semangat dan harapan-harapan kepada pihak kabupaten maupun provinsi agar selalu memberikan dukungan baik moral maupun materil. Dalam hasil review terlihat sudah berjalan dengan baik.

Dalam kesempatan tersebut peserta berharap insentif maupun bantuan operasional dipermudah, agar semakin memudahkan pengurus LPM dan BKAD dalam melaksanakan tugasnya dengan baik. Hal ini lah yang menjadi pesan dari Kepala Dinas PMD Kabupaten Hulu Sungai Selatan bahwa sebenarnya insentif dan imbalan terbesar adalah saat kita mampu membawa Desa kita masing-masing kearah yang lebih maju.

            Dari hasil pengumpulan aspirasi, diketahui bahwa Sumberdaya manusia ( SDM ) yang ada di desa untuk terlibat sebagai pengurus LPM masih kurang, hal ini berdampak kurangnya peran LPM dalam perencanaan pembangunan Desa. Maka pelatihan bagi pengurus LPM, sangat dibutuhkan untuk wilayah Kabupaten Hulu Sungai Selatan saat ini,  sehingga pengurus LPM mendapatkan peningkatan kapasitas.

            BKAD yang ada di tingkat Kecamatan Kabupaten hulu Sungai Selatan saat ini merupakan produk PNPM-MPd, sehingga kegiatannya lebih fokus pada upaya penguatan dan pelestarian hasil kegiatan PNPM-MPd,  yang seharusnya BKAD tersebut bisa membuat terobosan kegiatan lainnya sehingga desa-desa yang berdekatan dapat berkembang lebih baik lagi dan agar BKAD dapat memfasilitasi pembahasan, perumusan, dan penyusunan kesepakatan-kesepakatan kerja sama antar desa, memfasilitasi pelaksanaan kegiatan kerja sama antar desa serta  melakukan identifikasi potensi desa yang dapat dikembangkan menjadi sentral pengembangan ekonomi, sosial, dan budaya antar desa.

                        Dengan dilakukannya Pembinaan dan Penjaringan Aspirasi LPM dan BKAD di Kabupaten Hulu Sungai Selatan maka Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan memiliki dasar untuk semakin meningkatkan visi dan misi dalam peningkatan kapasitas LPM dan BKAD di Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here