TNI Manunggal Membangun Desa Ke 100 di Kabupaten Kotabaru: “Kemitraan Pemerintah dan TNI dalam mewujudkan Percepatan Pembangunan Desa”

0
63

Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ini telah dimulai sejak tahun 1980 dengan sebutan ABRI Masuk Desa (AMD). Kegiatan bersama ini ditujukan untuk meningkatkan percepatan pembangunan di Daerah dengan membantu Pemerintah Daerah dalam menyiapkan dan memperbaiki infrastruktur serta mengakselerasi program Pemerintah Daerah.

TMMD adalah salah satu wujud operasi Bhakti TNI, yang merupakan Program Terpadu Lintas Sektoral Antara TNI dengan Kementerian, Lembaga Pemerintah Non Kementerian dan Pemerintah Daerah serta komponen lainnya yang dilaksanakan scara terintegrasi bersama masyarakat guna meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan di daerah pedesaan, khususnya pada desa-desa yang tertinggal.

TMMD Angkatan 100 Tahun 2017 di Kabupaten Kotabaru merupakan kerjasama antara Komando Distrik Militer (Kodim) 1004/Kotabaru dengan Pemerintah Kabupaten Kotabaru. Kegiatan tersebut dipusatkan di Desa Pantai Baru Kecamatan Pulau Laut Tengah, selama 30 (Tiga Puluh) hari dari tanggal 26 September sampai dengan 26 Oktober 2017. Kegiatan tersebut secara resmi ditutup pada hari Kamis, 26 Oktober 2017.

Persiapan Pasukan dalam Upacara Penutupan TMMD ke 100 di Kab. Kotabaru | Foto: Andie

Upacara Penutupan TMMD dihadiri langsung oleh Kasdam VI/Mulawarman Brigjen (TNI) Muhammad Nur Rahmad, Wakil Bupati Kotabaru Ir. Burhanuddin, Dandim 1004/Tanah Bumbu Letkol Arh Samujiyo, Sekretaris Daerah Kotabaru H. Said Akhmad serta seluruh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda), Pimpinan Perusahaan BUMN, BUMD, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat serta tamu undangan yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Upacara Penutupan TMMD ke 100 Kodim 1004/Kotabaru dilaksanakan di Lapangan Sepakbola Pantai Baru, Kecamatan Pulau Laut Tengah dan Kasdam VI/Mulawarman bertindak selaku Inspektur Upacara. Dalam kegiatan tersebut juga disampaikan Laporan Hasil Pelaksanaan TMMD oleh Dansatgas TMMD ke 100 Kabupaten Kotabaru serta dilaksanakan Penandatanganan Naskah Serah Terima antara Dandim 1004/Kotabaru dengan Wakil Bupati Kotabaru dengan diketahui oleh Kasdam VI/Mulawarman.

Pemeriksaan Pasukan oleh Kasdam VI/Mulawarman Brigjend TNI M. Nur Rahmad | Foto: Andie
Serah Terima Hasil Kegiatan TMMD Ke 100 Kab. Kotabaru dari Dandim 1004/Kotabaru dengan Wakil Bupati Kotabaru | Foto: Andie

Selama kegiatan TMMD ke 100 berlangsung, personil di lapangan yang terlibat yaitu unsur TNI AD, Polri dan Instansi yang terkait dari Pemerintah Daerah yaitu Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kalimantan Selatan (Dinas PMD), Dinas PMD Kabupaten Kotabaru, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Dinas Pertanian, Dinas Kesehatan, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lainnya di Lingkup Pemerintah Kabupaten Kotabaru yang terkait dalam kegiatan tersebut.

Adapun hasil dari pelaksanaan TMMD ke 100 Tahun Anggaran 2017, yang telah dilaksanakan yaitu Sasaran Fisik berupa Peningkatan Badan Jalan Desa Pantai Baru sepanjang 2 Kilometer dan Lebar 12 Meter, pembuatan drainase, pembangunan Mandi Cuci Kakus (MCK), perbaikan Musala Baburrahman Desa Pantai Baru dan bedah rumah warga Desa Pantai Baru sebanyak 10 unit. Sedangkan untuk sasaran non fisik yaitu penyuluhan kesehatan tentang bahaya narkoba, penyuluhan pertanian, perikanan dan peternakan, penyuluhan bela negara dan wawasan kebangsaan, sosialisasi tentang bahaya terorisme, kegiatan bazar murah, bakti sosial dan khitanan serta kegiatan keagamaan.

Khusus untuk sasaran tambahan dari Kegiatan TMMD ke 100 di Kabupaten Kotabaru adalah pembangunan jamban bagi warga (Jambanisasi) sebanyak 5 unit. Sasaran tambahan tersebut merupakan bantuan Hibah Barang dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan yang disalurkan melalui Dinas PMD Provinsi Kalimantan Selatan yang diperuntukkan bagi peningkatan sarana dan prasarana fisik warga di desa tersebut.

Pembuatan Jamban untuk warga Desa Pantai Baru | Foto: Andie
Pembuatan Jamban untuk warga Desa Pantai Baru | Foto: Andie

Untuk tahun 2017 ini, Kegiatan Penunjang TMMD dialokasikan sebesar 60 Juta Rupiah setiap sasaran tambahan. Dana tersebut digunakan untuk pembuatan Jamban, yang dibuat dengan konstruksi permanen dari beton dengan estimasi biaya sebesar 12 Juta rupiah untuk setiap jambannya. Hingga TMMD ke 100 berakhir, kelima jamban tersebut telah selesai dibuat sesuai dengan Rincian Anggaran Biaya (RAB) dengan grafik kemajuan pekerjaan mencapai 100%. Dengan adanya jamban yang sehat dan representatif, diharapkan tidak ada lagi masyarakat desa yang membuang limbah ke sungai sehingga kualitas kesehatan masyarakat akan semakin meningkat.

Pelaksanaan TMMD ke 100 Tahun 2017 di Kabupaten Kotabaru berlangsung dengan sukses dan lancar. Lancarnya kegiatan TMMD kali ini dapat dilihat pada Sasaran Fisik, Sasaran Fisik Tambahan dan Sasaran Non Fisik yang tercapai dengan baik. Masyarakat yang berada di sekitar lokasi TMMD sangat antusias dan berpartisipasi aktif dalam setiap kegiatan yang ada pada TMMD ke 100 kali ini. Masyarakat berharap kegiatan TMMD ini dapat dilakukan secara berkelanjutan dan dalam skala yang lebih luas di masa yang akan datang.

 

Penulis : Andie Putra Pratama, S.STP
Seksi Pengembangan Sarana dan Prasarana Kawasan Perdesaan
Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kalimantan Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here