Pelatihan Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2018

0
87

Mulai hari Senin sampai Rabu tanggal 26 – 28 Maret 2018 telah dilaksanakan Pelatihan Badan Usaha Milik Desa oleh Bidang Pengembangan Ekonomi Masyarakat Dinas PMD Provinsi Kalimantan Selatan. Acara pada bertempat di ruang Calamus II Hotel Rattan Inn Jl. A. Yani Km. 5,5 Banjarmasin yang dihadiri oleh 11 orang Kepala Dinas PMD Kabupaten se Kalimantan Selatan, 22 orang penjabat Dinas PMD Kabupaten yang membidangi BUMDesa, 23 Orang dari Kecamatan dan 44 orang dari Pemerintah Desa maupun Pengelola BUMDesa dengan total peserta 100 orang.

Keterangan : Acara Pembukaan Pelatihan Badan Usaha Milik Desa Provinsi Kalimantan Selatan oleh Kepala Bidang Pengembangan Ekonomi Masyarakat Bapak Drs. H. Najamuddin Noor, M.AP didampingi oleh Ketua Panitia Pelatihan BUMDesa Bapak Nurani, S.Sos.

Maksud dan tujuan pelaksanaan Pelatihan Badan Usaha Milik Desa ini adalah:

  1. Agar para peserta memahami konsep dasar kebijakan dan regulasi yang berkaitan dengan BUMDesa
  2. Memahami tentang manajamen BUMDesa
  3. Memahami struktur dan tata kelola BUMDesa
  4. Memahami sistema keuangan dan akuntasi BUMDesa
  5. Mendapatkan pembelajaran mengenai gagasan, ide, teknik, metode pengembangan BUMDesa.

Pelatihan Badan Usaha Milik Desa yang dilaksanakan selama 3 hari ini menghadirkan Narasumber dari Balai Latihan Masyarakat Banjarmasin Kemendes, PDT dan Transmigrati RI, Akademisi dari Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Dirketur BUMDesa “Harapan Masa” dan Praktisi BUMDesa. Acara Pelatihan di mulai pada hari Senin tanggal 26 Maret 2018 dengan pembukaan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kalimantan Selatan yang di wakili oleh Kepala Bidang Pengembangan Ekonomi Masyarakat Bapak Drs. H. Najamuddin Noor, M.AP, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi  pada malam harinya oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kalimantan Selatan tentang Kebijakan dan Program Dinas PMD Prov yang berkaitan dengen BUMDesa.

Keterangan : Pemaparan Materi Oleh Akademisi Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin Bapak Dr.Sarwani, M.Si, Ak, CA

Pada hari ke-2 yaitu tanggal 27 Maret 2018 acara dilanjutkan dengan  Pemaparan dari Balai Latihan Masyarakat Kemendes, PDT dan Transmigrasi RI Bapak Firman Hernawan, S.Sos.I dengan 3 materi yaitu mengenai Konsep Dasar BUMDesa sesuai dengan Permendesa No 4 Tahun 2015, Membangun Desa Mandiri yang berkelanjutan dan Perencanaan Usaha BUMDesa. Kemudian dilanjutkan oleh Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat Bapak Dr. Sarwani, M.Si,Ak,CA mengenai Teori Proses Pembukuan Akuntansi BUMDesa, materi selanjutnya disampaikan oleh Direktur BUMDesa Harapan Masa dari Desa Pasar Lama Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar Bapak Heri Kusnadi mengenai Best Practice Pengelolaan BUMDesa.

Keterangan : Pemaparan Materi Oleh Praktisi BUMDesa Ibu Zainatun Nisya, SE

Pada hari ke-3 yaitu tanggal 28 Maret 2018 acara dilanjutkan oleh Praktisi BUMDesa Ibu Zainatun Nisya, SE dengan materi Praktek Latihan Pembukuan BUMDesa, setelah pemaparan selesai acara di tutup oleh Kepala Bidang Pengembangan Ekonomi Masyarakat Bapak Drs. H. Najamuddin Noor, M.AP.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here