Rapat Koordinasi Pengembangan Kawasan Ekonomi Perdesaan Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2018

0
86

Pada hari Rabu sampai dengan Jum’at tanggal 14 – 16 Maret 2018 telah dilaksanakan Rapat Koordinasi Pengembangan Kawasan Ekonomi Perdesaan Provinsi Kalimantan Selatah Tahun 2018. Acara bertempat di Ruang Calamus II Hotel Rattan Inn Jl. A. Yani Km. 5,5 Banjarmasin yang dihadiri oleh Pejabat dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinas PMD) Kabupaten se-Kalimantan Selatan yang membidangi Kawasan Perdesaan berjumlah 30 orang.

Keterangan : Pembukaan Rapat Koordinasi Pengembangan Kawasan Ekonomi Perdesaan Provinsi Kalimantan Selatan oleh Kepala Bidang Pengembangan Ekonomi Masyarakat Bapak Drs.H.Najamuddin Noor, M.AP didampingi oleh Ketua Panitia Penyelenggaran Rakor Ibu Dra. Hj. Kastrinah Nooroel, M.Pd

Maksud dan tujuan dilaksanakannya Rapat Koordinasi Pengembangan Kawasan Ekonomi Perdesaan ini adalah:

  1. Mensinergikan program antara Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dengan Pemerintah Kabupaten se-Kalimantan Selatan dalam hal pembangunan kawasan perdesaan terkhusus pengembangan kawasan ekonomi di Desa.
  2. Memberikan informasi kepada Pemerintah Kabupaten yang belum mendirikan kawasan perdesaan dalam hal penyusunan rencana pembangunan kawasan perdesaan.
  3. Menentukan 2 kawasan yang berada di 2 Kabupaten untuk dijadikan kawasan ekonomi desa untuk dikembangkan bersama oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dengan Pemerintah Kabupaten terpilih.

Mengingat Rapat Koordinasi Pengembangan Kawasan Ekonomi Perdesaan Provinsi Kalimantan Selatan pada tahun 2018 ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan oleh Bidang Pengembangan Ekonomi Masyarakat, maka Bidang Pengembangan Ekonomi Masyarakat menghadirkan Narasumber dari Direktorat Pembangunan Kawasan Perdesaan Kementrian Desa, PDT dan Transmigrasi RI dan Balai Latihan Masyarakat Banjarmasin Kementrian Desa, PDT dan Transmigrasi RI.

Keterangan : Penyampaian Materi Oleh Kepala Sub Bagian Perencanaan dan Pelaporan Dinas PMD Prov. Kalsel Bapak Wahyu Widyo Nugroho, AP, MP tentang Program Dinas PMD Prov. Kalsel yang berkaitan dengan Pengembangan Kawasan Ekonomi Desa

Acara Rakor diawali pada hari Rabu tanggal 14 Maret 2018 dengan pembukaan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kalimantan Selatan yang diwakili oleh Kepala Bidang Pengembangan Ekonomi Masyarakat Bapak Drs. H. Najamuddin Noor, M.AP. Kemudian pada hari Kamis tanggal 15 Maret 2018 acara dilanjutkan dengan pemaparan materi  oleh Kepala Sub Bagian Perencanaan dan Pelaporan Dinas PMD Provinsi Kalimantan Selatan Bapak Wahyu Widyo Nugroho, AP, MP mengenai Program Dinas PMD PMD Provinsi Kalimantan Selatan tentang Pengembangan Kawasan Ekonomi Desa, dilanjutkan oleh Kepala Sub Direktorat Perencaaan Pembangunan Kawasan Perdesaan Wilayah III (Kalimantan) Ditjen PKP Kemendes, PDT dan Transmigrasi Bapak ST. Reno Budi Sasotyo tentang Kebijakan dan Strategi Rencana Pembangunan Kawasan Perdesaan dan Perspektif Pembangunan Kawasan Perdesaan yang terkait dengan Ekonomi, kemudian dilanjutkan oleh narasumber dari Balai Latihan Masyarakat Banjarmasin Kemendes, PDT dan Transmigrasi RI Bapak Yudhi Kuniawan, S.Sos.I mengenai Materi Usaha Ekonomi Produktif bagi Rumah Tangga Miskin dan Pengembangan Inkubator Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (PI PRUKADES), Pengembangan Ekonomi Kawasan melalui BUMDesa Bersama dan Pembangunan Pasar Kawasan Perdesaan. Pada hari Jum’at tanggal 16 Maret 2018 acara dilanjutkan oleh Kepala Dinas PMD PMD Provinsi Kalimantan Selatan Bapak Drs. H. Gusti Syahyar dengan materi kesimpulan dan rekomendasi sekaligus menutup acara Rapat Koordinasi Pengembangan Kawasan Ekonomi Perdesaan Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2018.

Keterangan : Seluruh Peserta melakukan stretching sebelum memasuki materi Pengembangan Inkubator Produk Unggulan Kawasan Perdesaan oleh Bapak Yudhi Kurniawan, S.Sos.I dari Balai Latihan Masyarakat Banjarmasin.

Adapun hasil yang didapat dari Kegiatan Rapat Koordinasi Pengembangan Kawasan Ekonomi Perdesaan ini antara lain:

  • Di Provinsi Kalimantan Selatan yang sudah memiliki Kawasan Perdesaan hanya 3 Kabupaten, yaitu: Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kabupaten Banjar dan Kabupaten Barito Kuala.
  • Kabupaten yang belum memiliki Perencanaan Pembangunan Kawasan Perdesaan untuk segera membuat perencanaan pembangunan kawasan perdesaan salah satunya melalui mendirikan BUMDesa Bersama.
  • Lokasi pengembangan kawasan ekonomi perdesaan yang akan dikembangkan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan bersama dengan Pemerintah Kabupaten pada tahun 2018 ini adalah Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan Kabupaten Barito Kuala.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here