Warga Desa Bersyukur Rumahnya Dibedah

0
55

Oleh : Andie Putra Pratama, S.STP*)

Pada tahun Anggaran 2018 Kodim 1022/Tanah Bumbu melaksanakan Program Terpadu TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 101 di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu. Program TMMD ini dilaksanakan selama satu bulan dan dibuka tanggal 4 April 2018 lalu. Kabupaten Tanah Bumbu menjadi salah satu wilayah pertama di Provinsi Kalimantan Selatan yang melaksanakan kegiatan TMMD putaran pertama secara serentak di seluruh Indonesia.

Program TMMD ini merupakan kerja sama antara Pemerintah Pusat, TNI dengan Pemerintah Daerah. Pada kegiatan TMMD kali ini, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan memberikan bantuan berupa hibah barang kegiatan TMMD senilai 80 Juta Rupiah, yang diserahkan kepada Kodim 1022/Tanah Bumbu. Sasaran Fisik yang menerima hibah dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan tersebut adalah rehabilitasi 4 unit rumah (bedah rumah) warga yang kurang mampu dan tidak layak huni.

Lokasi Bedah Rumah tersebut ditentukan berdasarkan hasil survei yang dilakukan antara tim dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, Kodim 1022/Tanah Bumbu beserta aparat pemerintah desa yang terkait. Semua lokasi tersebut berada di Desa Batulicin Kecamatan Batulicin. Empat buah rumah tersebut yaitu:

  1. Rumah Bapak Asmuni (RT.7 Desa Batulicin, Kec. Batulicin)
  2. Rumah Bapak Syaeful Bahiyansyah (RT.7 Desa Batulicin Kec. Batulicin)
  3. Rumah Bapak Yusuf (RT. 15 Desa Batulicin Kec. Batulicin)
  4. Rumah Bapak Suno (RT. 15 Desa Batulicin Kec. Batulicin)
Ket: Tim dari Pemerintah Prov. Kalsel dan Satgas TMMD Ke 101 Tahun 2018 berfoto bersama di salah satu rumah warga yang dibedah rumahnya di Desa Batulicin

Salah satu warga yang rumah yang dibedah yaitu Bapak Yusuf (52) merasa sangat bersyukur karena rumah Beliau menjadi yang terpilih untuk dibedah. Beliau mengira kegiatan bedah rumah ini hanyalah rencana, ternyata personil TNI benar-benar datang ke rumah Beliau. “Kami sangat berterima kasih kepada Kodim 1022/Tanah Bumbu telah membantu untuk memperbaiki rumah kami, semoga TNI tetap bisa bersama-sama rakyat,” ujar Beliau.

Untuk merealisasikan hibah tersebut maka akan dilakukan serah terima dari Dinas PMD Provinsi Kalsel kepada Kodim 1022/Tanah Bumbu melalui pihak ketiga/rekanan yang telah ditunjuk agar dapat memperlancar proses penyerahan hibah barang. Hibah barang yang diserahkan berupa bahan-bahan bangunan yang dipergunakan untuk kegiatan bedah rumah warga Desa Batulicin tersebut.

Secara keseluruhan dari kegiatan TMMD ke 101 di Kabupaten Tanah Bumbu adalah sebagai berikut:

  1. Pembersihan dan Penyiapan Badan Jalan sepanjang 3.000 m x 16 m.
  2. Peningkatan jalan Desa yang menghubungkan Desa Barokah Kecamatan Simpang Empat menuju Desa Batulicin Kecamatan Batulicin.
  3. Rehabilitasi Mushola Raudathul Jannah sebanyak 1 Buah di Desa Barokah, Kecamatan Simpang Empat.
  4. Bedah Rumah sebanyak 4 Unit di Desa Batulicin, Kecamatan Batulicin.

Selain itu pada TMMD ke 101 di Kabupaten Tanah Bumbu ini juga dilakukan kegiatan non fisik, yaitu kegiatan Penyuluhan Kesehatan, Penyuluhan Pertanian, Perikanan, dan Peternakan serta pada Bidang Kesadaran Bernegara seperti pemahaman Wawasan Kebangsaan dan bahaya Narkoba.

Untuk pelaksanaan TMMD di putaran berikutnya, diharapkan Dinas PMD Provinsi Kalimantan Selatan dengan pihak Kodim yang terkait lebih intensif dalam melakukan persiapan lokasi, personil dan acara pembukaan. Hal tersebut dikarenakan perlunya ketepatan waktu penyelesaian pekerjaan sasaran fisik dengan penyelesaian administrasi dan keuangan untuk memperlancar proses penyerahan hibah.

Ket: Kondisi dari rumah warga sebelum kegiatan bedah rumah TMMD ke 101 Tahun 2018 di Kabupaten Tanah Bumbu
Ket: Kondisi dari rumah warga sebelum kegiatan bedah rumah TMMD ke 101 Tahun 2018 di Kabupaten Tanah Bumbu

*Pelaksana pada Bidang Pengembangan Kawasan Perdesaan
Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kalimantan Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here